2
Comments
Cara Praktis Diet Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Cara Praktis Diet Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Bagi anda yang ingin melaqkukan diet, bulan puasa ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan diet. Selain beribadah, tubuh yang ideal adalah bonus yang dapat anda peroleh setelah berpuasa.

Berikut adalah Cara dan Tips yang dapat anda ikuti dalam melakukan Diet Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan:


1. Atur Menu Makanan

Selalu konsumsi makanan yang bergizi, baik saat sahur maupun berbuka. Walau sederhana, menu yang disajikan sebaiknya tetap sesuai dengan empat sehat lima sempurna. Untuk menghindari rasa lapar, perbanyaklah makan makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan.

2. Jaga Pola Makan

Hal pertama yang pasti dirasakan saat bulan puasa adalah perubahan pola makan. Bila sehari-hari kita terbiasa makan besar saat sarapan dan makan siang, di bulan Ramadhan kita makan saat sahur dan berbuka. Asupan makanan dan cairan ke dalam tubuh menjadi sangat terbatas. Untuk tetap fit berpuasa, konsumsi air putih secukupnya terutama saat sahur.

3. Olahraga Saat Puasa

Selama bulan puasa, ada baiknya olahraga tetap dilakukan untuk mendukung program diet Anda. Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah 1/2-1 jam sebelum berbuka.

4. Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur

Langsung tidur setelah sahur dapat mengganggu metabolisme, perut terasa mual, mulas serta ingin muntah.

5. Jangan Langsung Makan Besar Saat Berbuka

Selama menjalankan puasa, kerja lambung menjadi lebih ringan dari biasanya. Agar lambung tidak kaget, saat berbuka sebaiknya jangan langsung menyantap makanan utama. Hal ini juga dilakukan karena lambung membutuhkan ruang kosong untuk mencerna makanan. Kunyah makanan dengan baik untuk meringankan kerja pencernaan sehingga kerja lambung tidak menjadi berat saat berbuka. Satu Suap 33 kali kunyah.

6. Hindari Minuman Dingin dan Kandungan Gula yang Tinggi

Biasakan berbuka dengan minuman yang hangat. Perut bisa menjadi kembung bila diisi dengan air dingin karena asam lambung dalam tubuh akan meningkat. Hindari juga berbuka dengan kudapan manis yang mengandung kadar gula tinggi. Menu berbuka yang manis dan menyehatkan bisa diperoleh dari buah kurma atau sari buah. Kandungan gula pada sari buah dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, tetapi tidak merangsang produksi insulin seperti pada minuman dengan kandungan gula tambahan (teh manis, sirup, kolak, dll).



Nah, silahkan mencoba cara di atas bagi anda yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan anda… Semoga berhasil… ^_^



Sumber: http://duniapustaka.com