0
Comments
Cara Burning File Image ISO Pada CD/DVD

Pertama-tama kita harus menentukan media yang hendak kita gunakan. Tidak masalah merek DVD yang hendak digunakan asalkan di-tulis dalam kecepatan yang rendah, sekitar 4x. Termasuk tipe media yang digunakan boleh DVD-R, DVD+R, atau DVD-RW atau DVD+RW.
Komentar : Saya sendiri cukup menggunakan DVD-R yang murah meriah. Hasilnya pun sangat memuaskan, asal CD / DVD masih dalam keadaan bebas dari debu, walau hanya setitik. (Simpanlah CD / DVD dalam plastik yang rapat sebelum di-burn)

Kebutuhan peralatan untuk mem-burn image adalah sama dengan kebutuhan untuk membuat image. Namun perlu kita titik beratkan pada DVD Writer. Untuk hasil yang baik Writer yang digunakan adalah yang bagus. Menurut saya Samsung menawarkan DVD Writer yang murah (250rb), namun kualitasnya superior. Walau untuk mem-burn media yang murahan sekalipun, hasilnya masih bisa dijamin. Kecuali anda benar-benar serius, kemudian membeli DVD Writer profesional dengan harga jutaan rupiah, maka saya tidak bisa berkomentar lagi.

Masukkan media misalnya DVD-R ke dalam tray. Dan anda tinggal melakukan menjalankan Alcohol. Lalu muncul seperti gambar di bawah ini dan pilih "Image Burning Wizard".


Kemudian akan muncul DialogBox baru. Kira kira seperti di bawah ini.



Dari gambar di atas ini anda cukup pilih image file yang anda maksudkan. Dalam hal ini kita bisa mem-burn file image yang tidak saja dibuat oleh alcohol sendiri (MDS), melainkan bisa file image dari format lain, misalnya CUE, CCD, NRG, ISO, dll. Dan hasilnya sama hebatnya. Bahkan untuk File ISO yang dibuat dengan mengkompilasi ulang file-file game untuk keperluan tertentu, misalnya untuk USBAdvance.
Setelah memilih file yang hendak di-burn ke dalam media maka kita tinggal menekan tombol "Next", yang kemudian akan muncul dialog seperti di bawah ini.


Pada ComboBoc "WritSpeed", saya sangat menyarankan untuk mem-burn dengan kecepatan yang rendah. Menurut saya yang paling ideal adalah  4.0 kali. Yakni kecepatan yang sedang, dengan kualitas sangat baik. Jika sebelumnya kita memasukkan CD/DVD kosong kedalam tray, maka pilihan kecepatan dalam ComboBox tersebut akan disesuaikan dengan kecepatan yang didukung oleh Drive maupun oleh Media.

Setelah semuanya sudah siap maka kita tinggal menekan tombol "Start" dan menunggu hasilnya. Pasti siiiiiip.
Book Type
Namun ada beberapa issue tentang Book Type. Book type ini adalah salah satu bagian dalam bagian informasi Disk tentang type dari disk yang bersangkutan. Apakah disk tersebut tergolong DVD-ROM, DVD-R, DVD+R, DVD-RW,  DVD+RW, dan seterusnya. Beberapa konsole PS2 yang masih asli (tidak dipasangi ModChip), hanya mau penjalankan Disk Game yang berformat CD-ROM dan DVD-ROM saja. Sehingga untuk mengatasi hal ini para pembajak berusaha bagaimana mengubah sebuah DVD kosong menjadi DVD-ROM. Yakni dengan mengubah Book Type dari Disk yang bersangkutan.

Untuk Alcohol, dia hanya bisa mengubah Disk berjenis DVD+R dan DVD+RW saja.

Caranya ?
Jalankan Alcohol. Dan pilih "Options >> Recording".


Dan kemudian akan muncul form option seperti di bawah ini


Jangan lupa untuk memberikan centang pada option "Book Type". Dan kemudian tekan tombol "OK"

Namun ingat :>> Jika anda memiliki PS2 yang sudah dipasangi ModChip, maka Book Type menjadi tidak terlalu berguna, karena dengan ModChip PS2 anda mampu menjalankan Game dari jenis Disk apa saja.  Baik DVD-R maupun DVD+R atau yang lain.

Sumber:http://dhuzell.site90.com/