0
Comments
Meng-clone CD/DVD PS2

Saya pernah mengalami kesulitan dalam hal ini. Masalahnya PS2 saya sudah mulai bermasalah. Pilih-pilih kaset, dan maunya kaset yang bagus doang. Lalu, beberapa kaset itu saya coba scan dengan komputer. Hasilnya kebanyakan dari padanya memiliki kualitas yang amat buruk.

Berfikir bagaimana cara nya membuat back-up yang berkualitas?
Harap maklum PS2 yang saya maksudkan di sini adalah PS2 yang sudah dipasang Mod-Chip.Tapi tenang aja, hampir dipastikan bahwa semua Konsole PS2 di Indonesia sudah dipasang ModChip.  Sehingga PS2 tersebut dapat menjalankan kaset PS2 bajakan atau back-up an. Dengan membuat back-up an sendiri kita dapat menentukan sendiri kualitas yang kita mau. Susah sedikit namun mendapatkan kualitas yang lebih baik.

Apakah ini tindakan ilegal ?!?! Mungkin ya. Namun halaman ini tidak tersangkut dengan hal itu. Halaman ini hanya memberikan hal yang mungkin lebih baik dari yang sudah ada, tanpa melakukan penghasutan atau membujuk untuk melakukan tindakan ilegal.

Saya sendiri menggunakan ISOBuster (manual) untuk membaca CD atau DVD untuk dijadikan image. Kemudian untuk hasil terbaik, saya Burn CD dengan menggunakan BlindWrite. Atau untuk DVD, saya lebih suka menggunakan Alcohol. 3 program tersebut menghasilkan clone terbaik dari kaset CD/DVD PS2 saya. Dengan hasil yang sangat sempurna.

Keuntungan?
- Kualitas media yang tinggi, akan menghemat umur Optic PS2.
- Konsistensi data pada media dapat diperiksa dengan mudah.
- Tentu kita dapat membuat CD/DVD game semau kita.

Kebutuhan :
- Komputer masa kini dengan space hardisk besar.
- DVD Writer (Saya suka dengan merek Samsung karena kualitas dan harganya menarik)
- CD/DVD PS2 asli (dari toko) yang hendak kita back-up. Sediakan beberapa buah untuk judul dan jenis yang sama.
- CD-R atau DVD-R kosong. Lebih disukai DVD+R.
- Software: ISOBuster, UltraISO, Alcohol.

Seterusnya saya akan mencontohkan cloning DVD dengan Alcohol saja, baik Read maupun Write.

Membuat Image CD/DVD ke hardisk

Setelah semuanya sudah disiapkan, masukkan CD/DVD pada DVD-Writer anda. Kemudian jalankan Alcohol 120%. Lalu pilih seperti yang dilingkari dibawah ini. Yakni pilihan "Image Making Wizard".



Kemudian akan muncul dialog berikutnya yakni seperti di bawah ini.



Langsung saja tekan "Next". Ingat jika ternyata Disk Drive anda bukan NTFS maka perlu kiranya anda mengubah ComboBox di atasnya yang sebelumnya bertuliskan "NEVER SEPERATE". Ubah sampai tidak terjadi error.
Kemudian akan muncul dialog yang di bawah ini.



Lingkarang 1 dari gambar di atas adalah lokasi untuk file image yang akan dibuat dari CD/DVD kita. Lengkap dengan patch, sehingga memudahkan kita untuk mengorganisasikan file-file. Dan akhirnya kita bisa menekan "Start". Tunggu beberapa saat, hasil dari sedikit jerih payah kita.

File yang dihasilkan oleh program Alcohol ini adalah file MDS. Nah kita dapat dengan mudah meng-convert file MDS menjadi file ISO atau TAO atau yang lainnya dengan menggunakan program UltraISO.

Kenapa saya mencontohkan pembuatan Image dengan program Alcohol ?
Yah karena program tersebut cukup mudah dan tidak membingungkan. UltraISO jauh lebih mudah pengoperasiannya. Namun menurut saya UltraISO terlalu cepat mengambil keputusan untuk membuat Zero, setiap sektor yang Bad. Sementara Alcohol berhenti dan melapor jika ada sector yang tidak bisa dibaca lagi.

Namun untuk hasil yang maksimum walau agak rumit pengoperasiannya, saya menggunakan ISOBuster. Bagi yang mengalami masalah dalam proses READ, atau untuk tahu bagaimana membuat image dengan ISOBuster, silahkan coba dengan "Membuat Image dengan ISOBuster".

Sumber:http://dhuzell.site90.com/